Rusia: Uji Luncur Balistik Iran Tak Menentang Resolusi DK PBB 2231

Foto: Iran TV
Uji luncur peluru kendali berkemampuan nuklir Iran tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, kata kantor berita Interfax mengutip pernyataan perwakilan Kementerian Luar Negeri Rusia, Rabu.

Amerika Serikat dan beberapa sekutunya di Eropa dalam surat bersama, yang dilihat Reuter, Selasa, menyebutkan bahwa peluncuran tersebut melanggar resolusi, yang disahkan dalam perjanjian nuklir bersejarah pada tahun lalu.

"Resolusi tersebut tidak melarang uji Iran itu," demikian laporan Interfax mengutip pernyataan kepala perwakilan Kemenlu Rusia Mikhail Ulyanov untuk departemen nonproliferasi nuklir dan pengendalian senjata.

Rusia telah sekali lagi menegaskan bahwa baru-baru ini tes rudal balistik Iran tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) mengadopsi Juli lalu.

Sementara itu, Amerika Serikat dan beberapa sekutu Eropa sedang menyusun sebuah pertemuan di Dewan Keamanan PBB (DK PBB) terkait tes rudal Iran baru-baru ini, yang mereka klaim "menyimpang dari" resolusi DK PBB.

Dalam sebuah surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Duta PBB Spanyol Roman Oyarzun Marchesi, AS, Inggris, Prancis, dan Jerman dilaporkan menyerukan diskusi guna menentukan "respons yang tepat" DK PBB terkait tes rudal Iran.

Dalam surat bersama mereka, empat negara tersebut mengklaim bahwa rudal yang digunakan dalam uji coba terakhir Iran yang "inheren mampu memberikan senjata nuklir" dan "tidak konsisten dengan" dan "menentang" Resolusi DK PBB 2231 sebagaimana diadopsi Juli lalu untuk mendukung perjanjian nuklir antara Iran dan kelompok negara P5 + 1.

Dalam sambutannya pada Rabu waktu setempat, Ulyanov mengatakan, "Setiap negara, terutama anggota Dewan Keamanan, dapat mengangkat isu ini. Negara manapun dapat menuliskannya kepada Dewan Keamanan. Tapi dalam kasus ini, kami tidak cukup memahami alasannya. Apakah seseorang suka atau tidak, fakta bahwa Iran meluncurkan rudal balistik adalah kasus terpisah. Yang benar adalah bahwa tidak ada kendala pada peluncuran tersebut di Resolusi [PBB] 2231, " sebagaimana dilansir Iran TV.

Resolusi 2231, yang mendukung Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), yakni perjanjian - Iran-P5 + 1 - menyediakan untuk pemutusan ketentuan sebelumnya resolusi Dewan Keamanan atas program nuklir Iran.

Pada 9 Maret, Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) berhasil menguji-tembak dua rudal balistik sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menilai kemampuan IRGC. Rudal-rudal, dijuluki Qadr-H dan Qadr-F, ditembakkan selama latihan skala besar yang diberi nama kode Eqtedar-e-Wilayat. Iran menembakkan rudal balistik lain dijuluki Qiam dari peluncur berbasis silo di lokasi yang berbeda di seluruh negeri pada tanggal 8 Maret.

Iran berpendapat rudal tersebut bersifat defensif dan dirancang untuk membawa bahan peledak konvensional saja. AS, Inggris, Prancis, dan Jerman, bersama dengan China dan Rusia, anggota P5 + 1, mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran setelah 22 bulan perundingan. Iran dan enam negara lainnya mulai menerapkan kesepakatan pada tanggal 16 Januari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Betawi dalam Bahasa Indonesia

Kunci Gitar Lagu Asik Pas Nongkrong Bareng Sobat

Air Beriak Tanda Tak Dalam, Kecuali "Salesman"