Tes Cermin Menunjukkan Manta Memiliki Otak yang Canggih, Benarkah?


The mirror self-recognition (MSR) merupakan sebuah tes mengguanakan cermin yang umumnya digunakan untuk mengevaluasi "kesadaran diri" pada hewan, seperti yang sudah dilakukan terhadap beberapa mamalia dan burung termasuk; kera, gajah, lumba-lumba, dan burung gagak.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan awal bulan ini (11 Maret) di The Journal of Etologi, ada sebuah bukti baru yang menambahkan bahwa pari manta ke daftar hewan yang memiliki kesadaran diri seperti hewan yang telah melakukan tes sebelumnya.

"Manta ray kemungkinan menjadi spesies ikan pertama yang ditemukan dan menunjukkan kesadaran diri, yang berarti (memiliki) fungsi otak yang lebih tinggi serta keterampilan kognitif dan sosial yang (lebih) canggih," kata asisten penulis dalam studi Csilla Ari kepada X-Ray Mag.

Mengamati dua ray dalam tangki di Atlantis Aquarium di Bahama, para peneliti melihat bahwa hewan tersebut mengubah perilaku mereka ketika sebuah cermin ditempatkan pada salah satu dinding. Perilaku baru itu menunjukkan bahwa pari manta rupanya tengah memeriksa sirip mereka (lihat video ini) dan meniup gelembung refleksi mereka.

"Penemuan baru ini sangat penting," kata Marc Bekoff dari Universitas Colorado di Boulder yang tidak terlibat dalam penelitian ini, sebagaimana dikutip New Scientist.

"Ini menunjukkan bahwa kita benar-benar perlu untuk memperluas jangkauan untuk mempelajari hewan."

Akan tetapi, pengembang tes MSR ini, Gordon Gallup dari State University of New York di Albany, kepada New Scientist mengatakan bahwa berdasarkan gerakan yang telah diamati kemungkinan hanya menunjukkan rasa penasaran mereka terhadap cermin, daripada perilaku sadar diri.

"Manusia, simpanse, dan orangutan adalah satu-satunya spesies yang menarik, ada bukti yang direproduksi untuk cermin keasadaran diri," katanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Betawi dalam Bahasa Indonesia

Kunci Gitar Lagu Asik Pas Nongkrong Bareng Sobat

Air Beriak Tanda Tak Dalam, Kecuali "Salesman"