oleh Nazarudin Berbicara masalah kata serapan dari bahasa Betawi ke dalam bahasa Indonesia memang agak sulit. Hal ini disebabkan identitas bahasa Betawi itu sendiri yang pada eksistensinya sudah tercampur dengan banyak bahasa, baik bahasa Jawa, Sunda, bahkan bahasa Asing lain, seperti Belanda dan Portugis. Salah satu contohnya adalah kata tanjidor dalam bahasa Betawi yang diambil dari bahasa Portugis, sekarang kata ini juga dipakai dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya bahasanya saja yang tercampur, menurut sejarah, suku Betawi sendiri pun merupakan hasil percampuran dari beberapa suku bangsa yang ada di Indonesia. Komposisi penduduk Jakarta sejak abad ke-17 terdiri dari kelompok etnis yang beragam akibat migrasi dari dalam maupun luar Indonesia (Castles,1967). Castles juga menambahkan bahwa keberagaman suku dan ras di Betawi semakin bertambah sejak Gubernur Batavia pada waktu itu memperbolehkan orang-orang Cina, Banda, Melayu, Bugis, Bali, dan beberapa suku lainnya untuk tinggal di dala...
CAFFEINE - HIDUPKU KAN DAMAIKAN HATIMU INTRO: G Em G Em G Berjalan di tepi pantai Em Tertiup angin berhembus C Sejukkan hati damaikan diri G Melihat biru G Bersama t'lah dilewati Em Bersama tlah dijalani C Aku di sini kan bersamamu G T'lah ikat janji REFF : Em Bm Hidupku kan damaikan hatimu ...
Guru mengatasi siswa yang terbelakang di kelasnya dengan mengelompokkannya dan mengajaknya belajar membaca secara terbimbing. Tampak siswa cukup percaya diri untuk menceritakan ulang apa yang telah dibacanya. TJARITJARI.COM, CIMAHI – Di kelas IV, setiap kelompok siswa tampak sedang asyik membuat kincir angin, layang-layang, roket, atau mobil-mobilan. Mereka tengah berusaha mempelajari energi angin dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Di kelas Matematika, tampak siswa kelas V asyik membuat beragam bentuk kotak berbahas kardus atau kertas karton. Mereka tengah mempelajari beragam bentuk kotak dengan mengidentifikasi jumlah sudut, sisi, dan rusuknya. Di kelas III, tampak guru sedang melakukan membaca terbimbing untuk sekelompok siswa yang memiliki kemampuan membaca sama. Mereka sedang dibimbing untuk memahami isi buku. Sementara siswa lainnya tampak asyik dalam sesi membaca mandiri. Di kelas II, tampak guru sedang memfasilitasi siswa membaca bersama, sebuah pendekatan membaca...
Komentar
Posting Komentar